Kamis, 07 November 2013

Bagaimana sebuah font dapat diterima di masyarakat?

Suka memperhatikan hal-hal kecil ya seperti tulisan yang anda baca sekarang? Mungkin sebagian dari anda ada yang nyaman dengan membaca tulisan ini dan ada pula yang merasa kurang nyaman. Nah, sekarang saya akan membahas sedikit tentang bagaimana sebuah font dalam kata lain bentuk dari suatu tulisan dapat diterima oleh masyarakat luas.





Tulisan merupakan salah satu bahasa visual yang tidak lain adalah indikator yang membedakan masa awal sejarah dan pra sejarah. Awalnya manusia berkomunikasi dengan gambar dan lambat laun berkembang melalui tanda dan gambar yang makin beragam. Nah dengan itu berkembanglah sistem alfabet. Dengan adanya suatu standar penulisan dengan sistem alfabet, sekarang berkembang pula berbagai macam bentuk penulisannya, ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menata huruf huruf tersebut disebut dengan Tipografi. Font awalnya timbul hanya oleh tulisan tangan manusia, namun sekarang sudah dikomputerisasi dan sering kita pakai dalam kehidupan sehari hari,

Berikut beberapa jenis font yang sering digunakan :




Dari beberapa contoh font diatas, bisa anda lihat keunikannya masing masing, ada font yang tebal dan berkarakter kuat seperti Britannic, Franklin Gothic yang cocok untuk digunakan di banner, papan pengumuman dll yang mudah untuk dilihat dari kejauhan.

Ada pula font yang berkesan formal untuk penulisan berkas-berkas seperti Times New Roman dan Arial.

Dan ada font yang artistik untuk penulisan di Undangan Pernikahan yang berkesan mewah dan indah.

Dari bermacam macam sifat dan karakter yang dimiliki sebuah font, janggal rasanya jika undangan pernikahan ditulis dengan font berkarakter kuat dan tebal karena tidak menyampaikan arti dari penulisan undangan itu sendiri. 
Begitu pula jika berkas berkas formal yang umumnya panjang dan rapat harus ditulis dengan gaya penulisan Park Avenue yang meliuk-liuk, pasti melelahkan membaca laporan dengan tulisan seperti itu.

Sehingga indikator font dapat diterima adalah Legibility yaitu tingkat kemudahan mata untuk mengenali suatu karakter/huruf tanpa harus bersusah payah. Dan juga Readability yaitu tingkat kemudahan suatu susunan huruf dapat dibaca.

Semoga bermanfaat,


With Love,


Naoo

referensi gambar dan isi :
Tipografi
Rupa Huruf
http://www.123rf.com/photo_11638364_abc-and-123-lessons-in-preschool-with-numbers-and-letters.html
http://blog.idrsolutions.com/2013/09/fonts-articles-index-understanding-all-things-font-related/
Share:

2 komentar:

  1. menarik sekali mba infonya.. :)

    oh iya mau tanya dong, apakah font calibri juga termasuk font untuk penulisan berkas berkas ? atau apakah ada yang lain menurut mba ? ^^

    trus kira kira software untuk membut font apa ya mba ? maaf banyak nanya ya mba, hehehehe..

    terima kasih.. ditunggu jawabannya mba.. ^^

    BalasHapus
  2. kembali kasih sudah membaca.. semoga bermanfaat :)

    Hmm, sebenarnya ga ada aturan baku font font apa saja yang bisa dianggap formal untuk penulisan berkas berkas. Namun biasanya memang sudah ada kriteria dan format tersendiri untuk masing masing penulisan berkas. Mungkin, karena berkas biasanya panjang,salah satu yang perlu diperhatikan tingkat kemudahannya untuk dibaca. Kalau menurut anda fine menggunakan calibri untuk penulisan berkas. why not? :)

    Ada beberapa yang saya tau fontographer, font creator. tapi, saya juga belum pernah coba untuk menggunakannya sih.. Selamat mencoba :)

    BalasHapus