Selasa, 12 November 2013

Kaitan sebuah Font dengan GUI

Yup, ketemu lagi dengan tugas Desain Pemodelan Grafik yang ke dua, yaitu kaitan sebuah Font dengan GUI (Graphic User Interface). Lumayan lama nih cari referensinya, masih jarang referensi nya dalam bahasa indonesia. Alhamdulillah ketemu di salah satu web yaitu www.design-by-izo.com.

Sering kali kita dan khususnya saya pribadi bisa menggunakan komputer selama berjam jam dalam sehari. Selain itu  hal tersebut berlaku juga ketika kita menggunakan handphone/smartphone. Nah, yang tampil dilayar komputer dan handphone kita yang merupakan sarana interaksi kita dengan perangkat disebut Graphic User Interface, mengapa harus dengan GUI? mengapa tidak dengan bahasa program atau yang lainnya saja? GUI digunakan agar masyarakat awam yang tidak terlalu faham dengan bidang IT pun bisa menggunakan perangkat tersebut dengan mudah.

"APA YANG MEMBUAT GUI TAMPAK BERMANFAAT DAN MENARIK?"
Jawaban pertanyaan tersebut adalah pemilihan font yang digunakan dalam GUI itu sendiri.

Masing masing vendor dari smartphone misalnya memiliki font default yang berbeda. Sebut saja iPhone, SONY,NOKIA,blackberry, SAMSUNG, lenovo, dan berbagai vendor lainnya memiliki font yang berbeda bukan? Selain itu GUI Sistem Operasi untuk PC kita pun akan berbeda antara MacOS,Windows, dan LINUX.

Baiklah, akan dibahas sedikit tentang kaitan GUI dengan pemilihan font, contoh yang saya gunakan kali ini adalah GUI dari Windows dan MacOS



  • WINDOWS





Pada Windows, bisa kita lihat tampilan desktopnya seperti ini. Yang saya gunakan adalah Windows7. GUI yang digunakan diberi nama "Aero", GUI ini sebenarnya sudah tampil pada Windows Vista, dan dengan berbagai pertimbangan oleh pihak Microsoft akhirnya Aero tetap digunakan pada Windows7. GUI ini menampilkan jendela tembus kaca dan menampilkan huruf glossy dan juga menciptakan sebuah font baru yang disebut Segoe UI.

Font Segoe UI terbukti menjadi sangat populer dan mudah untuk dibaca oleh User. Hal inilah yang mendasari Aero tetap digunakan di Windows7.


  • MacOS

Berbeda dengan rivalnya Windows, MacOS menghadirkan sebuah GUI yang disebut "Aqua". GUI ini juga sangat populer dengan tampilan yang indah. Dan GUI ini tampak lebih kece dengan pilihan font yang digunakan yaitu Lucida Grande. Font ini sangat populer digunakan pada seluruh website di dunia, contoh yang paling sering kita jumpai adalah font ini digunakan pada font utama Facebook.






Yup, FINISH! sekian pembahasan saya tentang kaitan sebuah font dengan GUI. Setelah menulis ini saya mendapat sebuah kesimpulan bahwa:

"GUI yang baik dan dapat diterima oleh usernya adalah GUI dengan pemilihan font yang tepat dan cocok untuk usernya"

Semoga bermanfaat!

With Love,


Naoo



Share:

0 komentar:

Posting Komentar