Rabu, 06 Mei 2015

Kuis Sistem Multimedia + Jawaban


1. Setiap karya multimedia yang disimpan dalam hardisk komputer akan menempati space yang tersedia. Makin besar sebuah file maka akan semakin besar  space yang dibutuhkan. Satuan dari beban file tersebut disebut dengan istilah:


A. Meter C. Bite
B. Gram D. Pixel

2.      Pendengaran manusia terletak pada frekuensi berikut ini

A. 0Hz-20Hz           C. 20Khz-1GHz
B. 20Hz-20KHz   D. 1GHz-10THz

 3. Bunyi mulai dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari

A. 30dB C. 50dB
B. 40dB D. 85dB



4. Suara akan mampu membuat hancur gendang telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari

A. 40dB C. 85dB
B. 50dB D. 130dB

5. Salah satu cara menentukan apakah sebuah karya tergolong produk dari multimedia konten bisa dilihat dari kemasannya, yaitu :

A. Hasil akhirnya dalam bentuk benda fisik
B. Hasil akhirnya berupa data digital
C. Hasil akhirnya dalam bentuk karya percetakan
D. Hasil akhirnya dalam bentuk pertunjukan

6. Aplikasi untuk editing video adalah ….

A. Adobe dreamweaver C. Adobe Photoshop
B. Adobe premiere D. Adobe illustrator

7. Reproduksi suara dari sinyal digital yang telah dirubah keasalnya menjadi sinyal analog disebut…

A. Musik Analogis C. Musik Mp3
B. Musik Digital D. Audio Sintetis

8. Alat yang berfungsi untuk memutar piringan hitam adalah…

A. Telegram C. Phonograph
B. Monograph D. Mp3 Player

9. Format musik ini merupakan rekaman digital yang memakai pita magnetik, tapi sayang waktu kemunculannya di pasaran luas kedahuluan rekaman digital pada kepingan CD…

A. Digital Audio Tape C. AAC
B. Mp3 D. Windows Media Player

10. Multimedia secara etimologi terdiri dari Multi dan media. Apa arti dari Multi secara etimologi:

A. Sedikit C. Puluhan
B. Banyak D. Ratusan


11. Yang termasuk sebagai peralatan Multimedia dibawah ini adalah, kecuali:

A. Kamera digital C. Video
B. Komputer D. Ponsel

12. Fenomena fisik yang di hasilkan getaran benda adalah sebagai berikut…

A. Warna C. Timbre
B. Suara D. Frekuensi

13. Gelombang mempunyai pola sama yang berulang pada interval tertentu , yang di sebut sebagai

A. Frekuensi C. Amplitudo
B. Periode D. Velocity


14. Banyaknya periode dalam hitungan 1 detik disebut

A. Periode C. Intensitas
B. Velocity D. Frekuensi

15. Panjang gelombang suara(wave length) dirumuskan sebagai berikut

A. c/f C. c/h
B. s/f D. a/m

16. Manusia membuat suara dengan frekuensi sebagai berikut

A. 20kHz-1GHz C. 50Hz-10Khz
B. 1GHz-10THz D. 15GHz-20THz

17. Suara yang berada pada range pendengaran manusi sebagai "audio" dan gelombang sebagai..

A. Noise C. Sinyal
B. Accoustic signal B. Getaran Bunyi

18. Keras lemahnya bunyi atau tinggi rendahnya gelombang disebut..

A. Frekuesni C. Amplitudo
B. Periode D. Celocity

19. Dibawah ini adalah manfaat dari kompresi data, kecuali...

A. Memperkecil kebutuhan penyimpanan data
B. Memperkecil ukuran bandwith yang dibutuhkan
C. Mempercepat proses transfer data
D. Meningkatkan kualitas data

20. Teknik kompresi biasa dilakukan pada file dibawah ini, kecuali :

A. Png
B. Jpg
C. Mp3
D. Psd

21. Multimedia adalah....

A. proses penerimaan data dimana pengirim dan penerima seakan berdialog (real time), seperti pada contoh video  conference.
B. proses penerimaan data tidak dilakukan secara real time.
C. sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio,grafik, animasi, dan video.
D. teknik kompresi dimana data hasil dekompresi tidak sama dengan data sebelum kompresi namun sudah cukup” untuk  digunakan.

22. Untuk menentukan transparent gambar pada photoshop maka digunakan…

A. Opacity
B. Blur
C. Smudge
D. Type

23. Pencarian Sequential adalah....

A. Pencarian dengan cara mengurutkan objek terlebih dahulu
B. Pencarian dengan cara membandingkan objek terlebih dahulu
C. Pencarian dengan cara mencari nilai objek yang valid
D. Pencarian dengan cara mencari nilai objek yang invalid

24. Fungsi Marquee Tool pada menu toolbox di Adobe Photoshop adalah....

A. Memilih bagian tertentu dari image yang akan dipotong
B. Memilih atau menemukan bagian gambar yang sama kedalaman warnanya
C. Memotong gambar
D. Memindahkan gambar


25. Video disebut sebagai salah satu contoh produk yang dihasilkan dalam teknologi multimedia. Karena video merupakan:

A. Produk multimedia yang bisa dibuat dengan program adobe Premiere
B. Bisa disimpan dalam CD dan DVD
C. Gabungan dari media gerak dan suara
D. Bisa digunakan sebagai bahan pengajaran dan hiburan

26. Format file hasil kerja multimedia yang menggunakan program grafis atau program gambar akan tersimpan dalam bentuk:

A. Doc, Xls dan rar C. PNG, JPEG dan BMP
B. Xls, avi, mp3 D. Psd, FH11, cdr


27. Format audio file ini menjadi format paling populer dalam musik digital…

A. AAC C. Mp3
B. MPEG D. WAV


28. Secara terminologi, multimedia adalah penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk, kecuali ….

A. Text C. Grafik
B. Video D. Analog

29. Pernyataan yang benar bahwa multimedia dapat mengubah cara belajar adalah ….

A. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor
B. Bank menggunakan cara online-banking
C. Sekolah mulai menggunakan komputer, belajar online menggunakan e-book
D. Orang-orang membaca koran online

30. Salah satu ciri-ciri umum sistem komputer multimedia yaitu pengguna bisa berkomunikasi walaupun tidak secara langsung dengan data-data multimedia adalah ….

A. Interaktif C. Aktif
B. Hiperaktif D. Pasif

31. Dibawah ini adalah manfaat dari kompresi data, kecuali :

A. Memperkecil kebutuhan penyimpanan data
B. Memperkecil ukuran bandwith yang dibutuhkan
C. Mempercepat proses transfer data
D. Meningkatkan kualitas data

32. Teknik kompresi biasa dilakukan pada file dibawah ini, kecuali :

A. Png
B. Jpg
C. Mp3
D. Psd


33. Metode kompresi berikut yang diterapkan pada video adalah …

A.    Dirac 
B.    MP3
C.    JPEG
D.    DjVu

34. Berdasarkan outputnya kompresi terdiri dari …

A.    lossy dan glossy
B.    wavelet dan lossy
C.    lossless dan lossy
D.    lossy dan non-lossy

35. ADPCM adalah bagian dari standart kompresi audio, kecuali …

A.    G.721
B.    G.722
C.    G.723
D.    G.726

36. Di bawah ini adalah kompresi lossless, kecuali …

A.    FLAC
B.    MPEG-4 ALS
C.    Monkey's Audio
D.    MPT


37. Representasi digital  dari  sinyal  analog,  dimana  gelombang disample  secara  beraturan  berdasarkan  interval  waktu  tertentu,  yang kemudian akan diubah ke biner.

A. PCM C. PMI
B. DDO D. DAC

38. Kelebihan dari JPEG 2000 kecuali...

A. Menggunakan Region of Interest (ROI)
B. Menggunakan Lossy dan loseless tergantung kebutuhan bandwidth. Loseless digunakan untuk medical image
C. Dapat digunakan pada bit-rate rendah sehingga dapat digunakan untuk network image dan remote sensing
D. Susunan frame H.261 berurutan dimana tiap-tiap 3 buah frame (I) dibatasi dengan 1 buah inter-frame (P) 

39. Multimedia adalah....

A. proses penerimaan data dimana pengirim dan penerima seakan berdialog (real time), seperti pada contoh video  conference.
B. proses penerimaan data tidak dilakukan secara real time.
C. sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio,grafik, animasi, dan video.
D. teknik kompresi dimana data hasil dekompresi tidak sama dengan data sebelum kompresi namun sudah cukup” untuk  digunakan.


40. Media Multimedia terdiri dari media.....

A. 2 media C. 7 media
B. 5 media D. 8 media

41. Animasi path adalah...

A. animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.
B. Animasi bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri
C. animasi garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang
D. Metode Huffman Coding dan Arithmetic Coding

42. Ukuran file menjadi lebih kecil dengan menghilangkan beberapa informasi dalam citra asli, merupakan cirri dari teknik :

A. Teknik Lossy C. Teknik Bisection
B. Teknik Length D. Teknik Loseless

43. Format penamaan file PNG diatur kedalam suatu urutan blok biner yang disebut dengan :

A. Chunk C. Dunk
B. Trunk D. Chump

44. GIF pertama kali dibuat oleh Compuserve pada tahun :

A. 1908 C. 1987
B. 1967 D. 1996

45. Animasi Sprite adalah

A. animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.
B. Animasi bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri
C. animasi garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang
D. Metode Huffman Coding dan Arithmetic Coding


Semoga bermanfaat..
With Love,


Naoo
Share:

0 komentar:

Posting Komentar