Minggu, 04 Februari 2018

Kosmetik & Status 'halal' nya

Ini postingan di awal tahun yang tiba tiba aja kefikiran buat di bahas. Walau gak ada yang baca juga >.< hehe..

Di blog ini, ada beberapa produk kecantikan yang di review.. and most of them made in Korea. Yup, kiblat makeup dan skincareku kesana. Dan lagi lagi, bukan karena gaya dan ikutin trend.. tapi karena beberapa pertimbangan :




  1. Sebelum ini udah nyoba banyakkk banget produk produk lokal, cuma hasilnya gak seberhasil yang dari korea ini. Produk mereka tuh dari formula dan hasilnya cocok banget di kulitku. 
  2. Produk produk mereka udah meninggalkan ingridients yang gak guna buat kulit, jadi yang dipake bener bener ada gunanya buat kulit. Sementara di Indonesia dulu heboh kosmetik ber merkuri, mereka malah menyingkirkan ingridients yang tidak terlalu dibutuhkan dan mencoba sealami mungkin.
  3. Variannya banyak dan inovatif, baik dari varian fungsi ataupun jenisnya.

Nah.. terus muncul pertanyaan dari temen yang akhirnya bikin kefikiran juga nih. Sampe sampe nyari bahan2 buat penulisan ini. Kira kira begini pertanyaannya:

Emang kosmetik korea halal? Kamu yakin mereka gak pake kolagen babi?

Kefikiran kan.. Mau di jawab, tapi gak mau di debat..
Saya kasih saran aja buat temen2 yang beli2 makeup dari luar negeri juga (gak cuma dari korea, bisa juga dari US atau HK atau Jepang) yang gak ada label halalnya :


  1. Budayakan membaca sebelum membeli. Baca dulu review produknya, baca dulu ingridientsnya. Kalo perlu tiap ingridient di cek kegunaan dan asal usulnya, chemical atau bio. Cek juga apa mengandung bahan berbahaya untuk kulit atau gak, cara ceknya gampang.. gak usah ke lab sendiri dan nyari sendiri. Cukup cek di website cosDNA.com, masukin nama produknya. Jjang!! Keluar deh list ingridient dan tingkat keamanan penggunaannya. Safety first before purchase.
  2. Tanya CS dari brand tersebut. Kalo kalian kurang yakin, masih ragu. Coba hubungi cs via email brand tersebut. Coba sepik sepik tanya, Does your product contain pig collagen? Atau apa gitu pertanyaan lain yang bikin kalian masih ragu. Tunggu deh balasannya.
  3. Pilih varian yang ingridient utamanya buah, sayur atau tanaman2 atau pilih yang chemical ingridient semuanya. Kalo udah yakin ini ingridients nya dari tanaman dan chemical kan tenang tuh.

Terus gimana nih saya sebagai seorang muslimah menyikapi ini ? 

Kosmetik, parfum, pakaian itu HARUS HALAL atau TIDAK NAJIS ???
Yak..jadi kemaren saya melakukan jajak pendapat tuh di Instagram. Hasilnya sih agak mirip mirip lah saya lupa presentase tepatnya 50 sekian persen jawab HARUS HALAL dan sisanya menjawab TIDAK NAJIS.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas adalah TIDAK NAJIS.

Berikut penjelasannya:

Kosmetik, parfum, pakaian dan semua yang tidak masuk ke dalam tubuh maka kaidahnya adalah TIDAK NAJIS. Bukan lagi HALAL. Karena semua yang menempel di tubuh itu baik kosmetik, parfum dan pakaian kaidahnya adalah NAJIS atau TIDAK NAJIS. Lain halnya dengan makanan atau obat yang kita konsumsi maka kaidahnya adalah HALAL atau TIDAK HALAL.

Karena semua NAJIS pasti HARAM. Tapi tidak semua HARAM adalah NAJIS.

Kita haram bukan mengonsumsi alcohol? Tapi alcohol bukanlah sesuatu yang tergolong NAJIS. Jadi jika di kosmetik ada kandungan alkoholnya, di parfum ada kandungan alkoholnya itu jelas boleh. Karena Alkohol haram dikonsumsi tubuh tapi TIDAK NAJIS.
Beda halnya kalo di kosmetik itu ada kandungan babinya. Babi itu NAJIS. Maka tidak diperbolehkan baik dikonsumsi atau dipakai sebagai bahan untuk kosmetik, parfum atau pakaian.

Semoga bermanfaat
With Love,
3 Februari 2018

Naoo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar