Minggu, 24 Februari 2013

stop marah!!

Yaa namanya juga manusia, pasti pernah marah. But, kita ga harus selalu nurutin emosi negatif ini, right??  So.. mulai deh dari sekarang tanamkan dalam diri dan sanubari masing masing "Hentikan pertengkaran bahkan sebelum kita memulainya". How??




 Istighfar dan berwudhu
Ini adalah langkah paling dasar, as a moslem untuk antisipasi marah. Allah, the lovely God pasti kasih ketenangan buat kita. Bisa dilanjut dengan solat atau tilawah juga.

 Diam dan menjauhlah (sementara waktu)
Ketika ada suatu masalah apapun, apalagi yang memicu pertengkaran dan mengakibatkan marah, coba kita diam untuk sejenak. Lihat dan perhatikan, apa sih yang salah? apa sih yang bisa dibenerin?. Ketika waktu berdiam ini coba juga untuk menjauh dulu dari sang lawan, biar ga slek lagi dan bikin kita juga jadi marah. Koreksi diri dulu, dengan fikiran tenang :). Ketika ini, ibaratkan saja sedang gencatan senjata. haha

Berbagi dan cari solusi
Cerita deh ke orang terdekat mu (sahabat, ortu, keluarga, pacar or anyone u can trust) cerita tentang masalahmu, tanpa di bumbui banyak hal yang menjatuhkan lawanmu. Coba cari solusinya bersama.

Tetap berlaku baik dengan lawan
Selama masa gencatan, berlaku baik yaaa. :) Jangan nambah masalah lagi. Haha

Selesaikan dengan kepala dingin
The last, setiap masalah harus diselesaikan right?? Inget, diselesaikan bukannya dihindari. Kalo kamu dan pihak berseteru masih terlalu panas dengan emosi membara coba deh pake mediator yang bisa menengahi kalian.. Sehingga masalah dapat terselesaikan.

Marah ga akan pernah menyelesaikan masalah, jadi pikir dulu sebelum marah. Lagi pula marah bikin cape hati, dan cape pikiran, cape tenaga haha. Selesaikanlah bahkan sebelum memulainya.

"Ketika kamu salah, kamu ga berhak marah, dan walaupun kamu benar kamu tak perlu marah"

With love,


Naoo
Share:

0 komentar:

Posting Komentar