Kamis, 28 November 2013

Usaha dan Energi

USAHA
Usaha di definisikan secara singkat adalah suatu gaya F menyebabkan perpindahan sejauh 's', maka gaya F melakukan usaha sebesar W dimana :


W = F cos α . s 
  α adalah sudut antara gaya F dan perpindahan s.

Catatan :
  1. Jika gayanya searah perpindahan, maka α = 0, berarti cos α  = 1. Maka W = F.s

                                    
  2. Jika gaya F tegak lurus perpindahan maka  α = 90, berarti cos  α = 0. Maka W= 0

                                     
  3. Jika gaya F berlawanan arah dengan perpindahan, maka  α = 180, berarti cos  α =-1. maka
    W=-F.s

                                   

    Dalam SI (Satuan Internasional) satuan usaha adalah N.m/ Joule.

    1 joule = 10^7 dyne.cm
    1 dyne.cm = 1 erg
    1 Joule = 10^7 erg 
ENERGI

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Satuan energi sama dengan satuan usaha. Energi dibagi menjadi 3 yaitu :

a. Energi Kinetik
    Adalah energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. Itu berarti jika benda diam(berhenti) maka Ek = 0.

Ek = 1/2 m.v^2
b. Energi Potensial
     Adalah energi yang dimiliki oleh benda karena kedudukannya (posisinya). Umumnya energi potensial ini dipengaruhi oleh tinggi benda dari dasar.

Ep = m.g.h
c. Energi Mekanik
     Adalah energi gabungan dari energi potensial dan energi kinetik. Energi mekanik dimiliki oleh benda yang bergerak dan juga memiliki kedudukan/jarak dengan dasar(tanah).

Em = Ep + Ek 

Share:

Sabtu, 23 November 2013

Syahidnya para Ibunda

Beberapa waktu yang lalu, saya menjenguk beberapa teman yang sedang mengandung, atau pun baru saja melahirkan. Termasuk kaka kandung saya sendiri, baru saja melahirkan seorang putri yang subhanallah cantik dan sehat :)

Ketika sedang berbincang tentang prosesi kelahiran ataupun kesiapan diri menghadapi kelahiran sang buah hati, mereka antusias sekali menceritakan pengalaman mereka dari mengandung sampai persalinan. Bahkan bangga menceritakan perjuangan mereka bersusah payah menjaga apa yang dipercayakan Allah pada mereka. Rela banget merasakan sakit tak terperikan itu demi mendengar tangis si jabang bayi. Bukan berarti selesai sampai disitu saja penderitaan sang Ibunda, bagi yang mendapat jahitan setelah melahirkan, tidak bisa duduk dengan nyaman, tiduran pun salah, buang air besar dan kecil harus menahan perih karena luka jahitan dan seterusnya. Ini baru cerita tentang perjuangan mereka yang selamat, banyak juga diantara kawan kawan mereka yang meninggal ketika melahirkan, Subhallah banget perjuangan para wanita ini dan semua Ibu di seluruh dunia yang suka cita menghadapi kelahiran anaknya walaupun tau bagaimana sakitnya dan kematian seolah di depan mata .
Share:

Selasa, 19 November 2013

Berlian di Tanah Pertanian

Lagi seneng banget baca buku Fulfilling Life, bacanya nyicil karena kesibukan kuliah yang makin padat. Sekarang udah di Bab 2 tentang "Pandai Bersyukur". Ada 1 kisah yang menarik banget buat di sharing, tentang bagaimana kita pandai pandai bersyukur atas apa yang terjadi sama diri kita dan apa yang ada di diri kita. Check it out ! ;)






Share:

Sabtu, 16 November 2013

Memilih Warna

Warna... Apa yang anda pikirkan pertama kali tentang itu? Pelangi? Mejikuhibiniyu? RGB? 

Warna, secara teori adalah spektrum tertentu yang terdapat dalam suatu cahaya sempurna berwarna putih. Satu warna bisa memiliki banyak jangkauan warna. Misalnya saja seperti gambar dibawah ini, dengan warna dasar merah ditampilkan dua varian lainya yang masih terhitung merah. Saya menemukan artikel menarik di salah satu web, yaitu The art of choosing colors yang menjelaskan sedikit tentang teori warna dan bagaimana warna dipilih.


Share:

Selasa, 12 November 2013

Kaitan sebuah Font dengan GUI

Yup, ketemu lagi dengan tugas Desain Pemodelan Grafik yang ke dua, yaitu kaitan sebuah Font dengan GUI (Graphic User Interface). Lumayan lama nih cari referensinya, masih jarang referensi nya dalam bahasa indonesia. Alhamdulillah ketemu di salah satu web yaitu www.design-by-izo.com.

Sering kali kita dan khususnya saya pribadi bisa menggunakan komputer selama berjam jam dalam sehari. Selain itu  hal tersebut berlaku juga ketika kita menggunakan handphone/smartphone. Nah, yang tampil dilayar komputer dan handphone kita yang merupakan sarana interaksi kita dengan perangkat disebut Graphic User Interface, mengapa harus dengan GUI? mengapa tidak dengan bahasa program atau yang lainnya saja? GUI digunakan agar masyarakat awam yang tidak terlalu faham dengan bidang IT pun bisa menggunakan perangkat tersebut dengan mudah.

"APA YANG MEMBUAT GUI TAMPAK BERMANFAAT DAN MENARIK?"
Jawaban pertanyaan tersebut adalah pemilihan font yang digunakan dalam GUI itu sendiri.

Masing masing vendor dari smartphone misalnya memiliki font default yang berbeda. Sebut saja iPhone, SONY,NOKIA,blackberry, SAMSUNG, lenovo, dan berbagai vendor lainnya memiliki font yang berbeda bukan? Selain itu GUI Sistem Operasi untuk PC kita pun akan berbeda antara MacOS,Windows, dan LINUX.

Baiklah, akan dibahas sedikit tentang kaitan GUI dengan pemilihan font, contoh yang saya gunakan kali ini adalah GUI dari Windows dan MacOS
Share:

Kamis, 07 November 2013

Bola hitam atau putih?



Di sebuah sekolah dasar kelas IV, seperti hari hari biasanya ada saja yang pertengkaran antar murid. Kali ini yang bertengkar Ali dan Budi, mereka sebelumnya memang sering meributkan banyak hal dan sering selisih faham. Sang guru punya sebuah pelajaran untuk mereka, beliau mengecat sebuah bola, setengah hitam dan setengah putih lalu dengan sekat yang berlubang beliau menyuruh Ali dan Budi duduk di sisi yang berbeda.
Share:

Bagaimana sebuah font dapat diterima di masyarakat?

Suka memperhatikan hal-hal kecil ya seperti tulisan yang anda baca sekarang? Mungkin sebagian dari anda ada yang nyaman dengan membaca tulisan ini dan ada pula yang merasa kurang nyaman. Nah, sekarang saya akan membahas sedikit tentang bagaimana sebuah font dalam kata lain bentuk dari suatu tulisan dapat diterima oleh masyarakat luas.




Share:

Sebab sebab terjadinya bid'ah

Bid'ah? What's that?




Ada 2 hal baru dalam ibadah :
1. Bid'ah
yaitu melakukan suatu hal baru dalam agama yang tidak diketahui dasar hukumnya.

2. Maslahah Mursalah
yaitu hal hal yang dianggap bermanfaat tapi tidak cukup bukti untuk membutikan kemaslahatannya(manfaatnya).

Kenapa itu semua bisa terjadi?
Share: